Selasa, 01 Juni 2010

tugas IBD marhadinata (15109335) 1ka10

Ilmu budaya dasar

1) Pengertian Ilmu Budaya Dasar

Mata kuliah Ilmu Budaya Dasar adalah salah satu mata kuliah yang membicarakan tentang nilai-nilai, tentang kebudayaan, tentang berbagai macam masalah yang dihadapi manusia dalam hidupnya sehari-hari . Secara sederhana Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan

2) Tujuan Ilmu Budaya Dasar

  1. Mengusahakan penajaman kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya.
  2. Memberi kesempatan pada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya.
  3. Mengusahakan agar mahasiswa, sebagai calon pemimpin bangsa dan Negara serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing, tidak jatuh kedalam sifat-sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin yang ketat.
  4. Mengusahakan wahana komunikasi para akademisi agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain.

3) Ruang Lingkup IBD

  1. Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya.
  2. Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.

Selo Sumarjan dan Soelaeman Soemardi merumuskan kebudayaan sebagai semua hasil karya, rasa dan cipta masyarakat. Unsur-unseur kebudayan secara universal ada 7, yaitu : Sistem religi, Sistem organisasi kemasyarakatan, Sistem pengetahua, Sistem mata pencaharian hidup dan system-sistem ekonomi, Sistem teknologi dan peralatan, Bahasa, dan Kesenian.

Orientasi nilai budaya adalah Hakekat hidup manusia, Hakekat karya manusia, Hakekat waktu manusia, Hakekat alam manusia, dan Hakekat hubungan manusia.

4) Kaitan Manusia dengan Budaya

Manusia dialam dunia ini memegang peran yang unik, dan dapat di pandang dari banyak segi. Sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna, manusia dilengkapi oleh penciptanya dengan akal, perasaan dan kehendak yang terdapat didalam jiwa manusia

Manusia dan kebudayaan merupakan dua hal yang sangat erat terkait satu sama lain.

Kebudayaan adaah kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat dan kemampuan-kemampuan lain serta kebiasaan-kebiasaan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat.

Secara sederhana hubungan antara manusia dan kebudayaan adalah : manusia sebagai perilaku kebudayaan, dan kebudayaan merupakan obyek yang dilaksanakan manusia.
Dari sisi lain, hubungan antara manusia dan kebudayaan ini dapat dipandang setara dengan hubungan antara manusia dengan masyarakat dinyatakan sebagai dialektis, maksudnya saling terkait satu sama lain

Dari sisi lain, hubungan antara manusia dengan kebudayaan ini dapat dipandang setara dengan hubungan antara manusia dengan masyarakat dinyatakan sebagai dialektis, maksudnya saling terkait satu sama lain. Proses dialektis ini tercipta melalui 3 tahap yaitu :

a) Eksternalisasi : proses dimana manusia mengekspresikan dirinya dengan membangun dunianya.

b) Obyektivasi : proses dimana masyarakat menjadi realitas obyektif.

c) Internalisasi : proses dimana masyarakat disergap kembali oleh manusia.

5)

6) Manusia dan Cinta Kasih

7) Manusia dan Cinta Kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar