- Perencanaan pendistribusian produk
- Penetapan harga
- Pengawasan yang harus dilakukan
Ketiga hal tersebut diharapkan bisa
membantu tercapainya proses promosi dalam rangka meraih peluang pasar
dan mendapatkan keuntungan yang diharapkan. Tentunya hal tersebut harus
disesuaikan dengan kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan marketing
management secara garis besar.
Ada baiknya jika anda membuat SOP
(Standar Operasional Prosedur) untuk menjelaskan tahapan-tahapan yang
harus dilalui dalam melakukan marketing management,
sehingga dalam setiap kegiatannya tetap mengacu pada satu prosedur.
Standar Operasional Prosedur ini juga berguna juga untuk mengembangkan
bisnis dan usaha anda.
Sama halnya dengan membuat Standar
Operasional Prosedur untuk para karyawan, ini bertujuan agar karyawan
tetap konsisten dengan tanggung jawabnya terhadap pekerjaan yang
seharusnya mereka buat dan laporkan. Apabila Hal ini terus diterapkan
tentunya akan membantu perusahaan dalam rencana mencapai target pada
jangka waktu tertentu. Begitu juga halnya dengan marketing management
dalam pemasaran yang kurang lebih membahas bagaimana mengelola pemasaran
dengan baik, sehingga target dalam mempromosikan dan melakukan
penjualan produk bisa mendapatkan hasil yang maksimal.
Dalam marketing management tentunya
harus memperhatikan bagaimana cara melihat peluang pasar dan mencari
tahu keinginan konsumen. Dengan dua hal tersebut diharapkan anda akan
bisa lebih menentukan skala prioritas dalam melakukan promosi dan
penawaran terhadap produk-produk yang ada.
• Seperti halnya dalam melihat peluang
pasar, anda bisa mencari tahu berapa harga yang berlaku dipasaran untuk
produk yang akan ditawarkan. Hindari pemberian harga yang jauh dari
harga pasaran, ini akan bisa menghambat rencana pemasaran anda, karena
harga yang ditawarkan jauh lebih tinggi atau mahal dari harga pasar pada
umumnya.
• Mencari tahu keinginan konsumen, anda
bisa mengetahuinya dengan cara melakukan survey ataupun jajak pendapat
tentang apa saja kebutuhan yang diperlukan oleh konsumen, sehingga anda
bisa memproduksi produk sesuai dengan kebutuhan konsumen. Hal ini tentu
akan membantu konsumen dalam memenuhi kebutuhan mereka dan juga bisa
mengurangi resiko terjadinya kerugian atau idle stock barang yang
tersimpan digudang.
• Pendistribusian barang, tentukan skala
prioritas pada tujuan utama pangsa pasar produk yang akan ditawarkan,
apabila pangsa pasar lebih untuk kebutuhan sehari-hari. Anda bisa
terlebih dahulu fokus melakukan pendistribusian barang pada pasar
tradisional atau supermarket.
Dari semua uraian diatas tentang marketing management
diatas, anda bisa menambahkan kembali hal-hal yang masih dirasa kurang,
dan tentunya harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar