Selasa, 05 Januari 2010

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo terpilih sebagai Pemain Terbaik Dunia versi FifPro 2008. Penghargaan ini diprediksi akan menjadi penghargaan pertama dari banyak penghargaan lain yang akan diterimanya musim ini, setelah sukses mencetak 42 gol dan mengantarkan Manchester United menjadi juara Liga Champions dan Liga Inggris musim lalu. Ronaldo mengantungi penghargaan ini setelah dipilih oleh perwakilan dari pesepakbola2 profesional dari 40 negara di dunia.

“Untuk bisa diakui oleh lebih dari 50.000 rekan2 pesepakbola profesional di seluruh dunia adalah satu hal yang luar biasa,” ujar winger timnas Portugal ini. “Saya berterima kasih kepada seluruh rekan se-tim, pelatih, dan semua orang yang terlibat di Manchester United dan tim nasional Portugal, serta keluarga dan teman2 atas dukungannya. Terima kasih juga kepada FifPro atas penghargaan ini, dan atas usaha kalian dalam membela kepentingan dan kesejahteraan pesepakbola profesional di seluruh dunia.”

Ronaldo - yang juga terpilih sebagai salah satu pemain dalam dari Tim Terbaik Tahun 2008 oleh FifPro - diprediksi akan merebut gelar sebagai Pemain Terbaik Dunia 2008 versi FIFA dan penghargaan Balon d’Or.

Tentang kontroversi rencana kepindahannya ke Real Madrid, winger 23 tahun ini berkata, “Saya adalah pemain Manchester United, dan saya rasa tahun depan saya akan tetap di sini.” Ia juga mengaku telah belajar untuk lebih memperhatikan teman se-timnya dalam pertandingan. “Saya selalu bermain dengan cara saya sendiri. Itu mengalir dengan sendirinya,” tambahnya. “Bila anda ingin menjadi lebih baik anda harus selalu berlatih - bukan cuma di latihan, tapi juga dalam pertandingan. Itu adalah gaya saya. Tapi saya yang sekarang berbeda dengan 5 tahun lalu. Ketika itu saya banyak melakukan dribbling tapi tidak berbuat apa2 untuk kepentingan tim. Sekarang saya punya lebih banyak pengalaman dan merasa lebih dewasa. Jadi, kadang saya melakukan dribble, kadang tidak.”

Ronaldo tidak mau banyak berkomentar ketika ditanya apakah ia masih mempertimbangkan untuk pindah ke Real Madrid. Tapi ia menegaskan bahwa sir alex ferguson adalah salah satu faktor terpenting keberadaannya di Manchester United.

“Sir Alex telah menjadi sumber inspirasi terbesar bagi saya,” ujarnya. “Ia menunjukkan kepercayaan yang besar pada saya sejak memutuskan untuk membeli saya dari Sporting. Saya telah belajar banyak darinya, dan berharap untuk bisa terus belajar darinya, karena ia adalah seorang manajer yang hebat - dan tentu saja, ia adalah faktor terpenting keberadaan saya di sini. Apa yang terjadi musim panas lalu telah lewat. Fokus saya sekarang hanya bermain baik untuk Manchester United dan kembali memenangkan Liga Inggris dan Liga Champions.”

Ia juga mengakui bahwa mengulang prestasinya tahun lalu, baik secara tim maupun pribadi, bukan tugas yang ringan. Tahun lalu pun, pada pertengahan musim, ia sama sekali tidak berpikir bahwa ia bisa memenangkan Sepatu Emas. Baru sejak namanya terus dihubung2kan dengan trofi tersebut ia sadar kalau ia punya potensi untuk memenangkannya.

“Saya baru percaya (bahwa saya bisa memenangkannya) waktu saya mencetak 22 atau 23 gol,” kata Ronaldo. “Sebelum itu saya sama sekali tidak pernah memikirkannya, karena saya bukan seorang penyerang. Tugas utama saya bukan mencetak gol, jadi mencetak 42 gol sungguh sangat luar biasa bagi saya.”

“Perlu diingat bahwa rekan2 setim saya sangat berperan dalam hal itu. Tanpa mereka saya tidak akan mungkin bisa melakukannya. Tapi saya akui bahwa saya adalah pemain yang ambisius. Saya selalu ingin menjadi lebih baik setiap musim, bukan untuk membuktikan sesuatu pada orang lain, tapi karena saya ingin menjadi yang terbaik yang saya bisa.”

“Saya masih muda, dan jujur saja, saya tidak menyangka bisa mencapai level ini begitu cepat. Tapi saya selalu percaya akan bakat yang saya miliki, dan saya telah banyak belajar, itu menyebabkan saya berpikir bahwa mungkin saya bisa menjadi pemain terbaik di dunia.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar