Gol Ronaldo dan Kaka Menangkan Madrid
Cristiano Ronaldo (REUTERS/Miro Kuzmanovic)
Madrid (ANTARA/Reuters) - Gol indah pada babak pertama yang diciptakan Cristiano Ronaldo dan tambahan dari titik penalti pada babak kedua dari Kaka membuat Real Madrid unggul 2-0 lawan Villarreal, yang bermain dengan 10 orang pada lanjuatan kompetisi Liga Spanyol (La Liga), Rabu malam waktu setempat.

Real harus merogoh kocek sekitar 160 juta euro (236 juta dolar AS) untuk mendapatkan pemain sayap dari Portugal serta playmaker dari Brazil itu, termasuk bayaran rekor termahal dunia sebesar 94 juta euro bagi Ronaldo.

Tim tuan rumah bangkit permainannya ketika Ronaldo menguasai sayap kiri dan melakukan tembakan dari luar kotak penalti, merupakan golnya yang kelima dalam empat pertandingan kompetisi Liga yang sudah berlangsung.

Pemain bertahan Villarreal Gonzalo Rodriguez dikeluarkan dari lapangan 10 menit menjelang turun minum, setelah mendapat kartu kuning kedua karena menendang dada Kaka dengan menggunakan tendangan terbang.

Kaka melakukan gebrakan untuk menambah gol timnya pada menit ke-73, setelah wasit membunyikan pluit dan menunjuk titik putih akibat Angel Lopez memegang bola umpan Marcelo dan setelah itu Gonzalo Higuain dan Ronaldo nyaris menambah angka ketiga untuk Real lewat tekanan mereka.

Kemenangan keempat mereka dari empat pertandingan membuat tim itu mengantungi 12 poin, sama dengan tim juara Barcelona, yang mengalahkan Racing Santander 4-1 Selasa lewat dua gol Lionel Messi dan masing-masing satu dari Zlatan Ibrahimovic dan Gerard Pique.

Ronaldo mencetak angka pada menit pertama, ketika Minggu mereka menang 5-0 atas tim yang baru dipromosikan Xerez dan mengatakan gol awalnya Rabu membuat Villarreal kehilangan kontrol.

"Mereka sulit dikalahkan di kandang mereka, tetapi kami dapat mengatasi mereka sehingga mereka kehilangan kontrol dan setelah Kaka mencetak gol kami semakin menguasai permainan," katanya kepada wartawan.


Di Calderon

Di Calderon, Atletico Madrid membuat angka menjadi sama ketika pada menit ke-89 membuat kedudukan menjadi 2-2 lawan Almeria, sehingga menambah tekanan kepada pelatih Abel Resino karena timnya baru menabung dua angka dari empat pertandingan.

Athletic Bilbao gagal memanfaatkan kesempatan untuk mencetak kemenangan keempat dari empat pertandingan, karena kecolongan 0-1 lawan tim yang baru dipromosikan Tenerife dan Manu del Moral mencetak dua angka dan Pedro Leon menambah lewat tendangan bebas untuk kemenangan Getafe lawan tamu Valencia hingga kedudukan akhir 3-1.

Striker dari Uruguay Diego Forlan gagal mencetak angka saat melakukan tendangan penalti pada babak pertama untuk Atletico sebelum Almeria memimpin pada menit ke-26, ketika Albert Crusat mendapat bola dan meneruskannya kepada Pablo Piatti, yang meneruskannya melewati Roberto.

Cleber Santana menyamakan kedudukan dan kesalahan di lini pertahanan menyebabkan Forlan mampu membuat Atletico memimpin 10 menit memasuki babak kedua.

Piatti kemudian mencetak angka keduanya sehingga menambah poin untuk tim asuhan Hugo Sanchez dan pemain Atletico serta staf bersorak di tepi lapangan bersama pada pendukung mereka. (*)