Minggu, 18 November 2012

PENDUDUK, MASYARAKAT, dan KEBUDAYAAN

Penduduk, masyarakat, dan kebudayaan adalah konsep-konsep yang berhubungan satu sama lain. Penduduk bertempat tinggal di dalam suatu wilayah tertentu dalam waktu yang tertentu pula, dan berkemungkinan akan terbentuknya suatu masyarakat di wilayah tersebut. Demikian pula hubungan antara masyarakat dengan kebudayaan, ini adalah hubungan dwi tunggal, yang merupakan kebudayaan adalah hasil dari masyarakat. Kebudayaan bisa terlahir, tumbuh, dan berkembang dalam suatu masyarakat, sebaliknya tidak ada suatu masyarakat yang tidak didukung oleh kebudayaan. Jadi, hubungan antara masyarakat dan kebudayaan merupakan hubungan yang saling menentukan.

1. PENDUDUK

Penduduk adalah orang-orang yang mendiami suatu wilayah tertentu, menetap dalam suatu wilayah, tumbuh dan berkembang dalam wilayah tertentu pula.

2. MASYARAKAT
Masyarakat adalah suatu kehiduoan sosial manusia yang menempati wilayah tertentu, yang keteraturannya dalam kehidupan sosialnya telah dimungkinkan karena memiliki pranata sosial yang telah menjadi tradisi dan mengatur kehidupannya. Hal yang terpenting dalam masyarakat adalah pranata sosial, tanpa pranata sosial kehidupan bersama didalam masyarakat tidak mungkin dilakukan secara teratur. Pranata sosial adalah perangkat peraturan yang mengatur peranan serta hubungan antar anggota masyarakat, baik secara perseorangan maupun secara kelompok.

3. KEBUDAYAAN
Kebudayaan adalah hasil budi daya manusia, ada yang mendefinisikan sebagai semua hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat. Karya manusia menghasilkan teknologi dan kebudayaan kebendaan, sedangkan rasa mewujudkan segala norma dan nilai untuk mengatur kehidupan dan cipta merupakan kemampuan berpikir dan kemampuan mental yang menghasilkan filsafat dan ilmu pengetahuan.
Menurut para ahli ada tujuh unsur yang meliputi suatu kebudayaan antara lain :
  1. unsur religi
  2. sistem kemasyarakatan
  3. sistem peralatan
  4. sistem mata pencaharian hidup
  5. sistem bahasa
  6. sistem pengetahuan
  7. seni
               unsur-unsur di atas sangat berpengaruh terkadap kebudayaan suatu bangsa, Dan juga menjadi penyebab begitu beraneka ragamnya kebudayaan di bangsa kita. Bangsa kita menjadi memiliki banyak suku bangsa, ras, bahasa, dam lain lain, semua di satukan dengan benika tunggal ika, tetapi tidak bisa di pungkiri pada jaman modern seperti sekarang ini kebudayaan-kebudayaan asing mulai mempengaruhi kebudayaan masyarakat yang telah ada sejak dulu. Berkembangnya teknologi bisa jadi salah satu penyebab mulai merebaknya budaya asing yang sedikit demi sediit menggikis kebudayaan daerah yang mulai di anggap kuno. Di sinilah peran kita sebagai masyarakat untuk bisa mengembangkan budaya asing tanpa menghilangkan budaya terdahulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar