Sabtu, 20 Februari 2010

Milan salah posisikan Beckham

Pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson, menilai AC Milan keliru menempatkan David Beckham sebagai gelandang sentral. Beckham lebih tepat bermain sebagai winger kanan.

Ketika Beckham bermain lawan MU di Liga Champions, Ferguson mengaku kaget. Pelatih Milan, Leonardo, menggeser Beckham ke tengah. Beckham memang memberikan andil besar bagi terciptanya gol Ronaldinho. Namun, assist Beckham itu berasal dari umpannya di sayap kanan.

"Benar. Saya terkejut (melihat) mereka memainkan David sebagai gelandang sentral. Saya rasa mereka sebaiknya menempatkannya melebar ke kanan," kata Ferguson seperti dikutip The Guardian.

Ferguson tahu benar karakter Beckham. Ketika membela "Setan Merah" di final Liga Champions 1999, Beckham tetap berada di kanan meski saat itu MU kehilangan Paul Scholes dan Roy Keane di tengah. Itu karena Beckham jago memberikan umpan silang. "Ya, crosssing-nya," ungkap sang gaffer.

Jika Leonardo meniru cara Carlo Ancelotti yang memasang Beckham di kanan, hasilnya mungkin lain. Umpan-umpan Beckham menjadi makanan empuk untuk Filippo Inzaghi ataupun Alexandre Pato.

Masalahnya, Milan sekarang berbeda dari Milan zaman Ancelotti. Ricardo Kaka sudah tidak ada, Leonardo juga tak pernah memasangkan Beckham dengan Inzaghi. Pada leg pertama 16 besar Liga Champions lalu, Inzaghi baru dimainkan setelah Beckham digantikan Clarence Seedorf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar