Jumat, 18 Januari 2013

CARA HEWAN MENYESUAIKAN DIRI DENGAN LINGKUNGANNYA



A.    Adaptasi Hewan dengan Lingkungannya
         Tujuan hewan beradaptasi dengan lingkungannya adalah untuk mencari makanan dan melindungi diri.
a.       Adaptasi Hewan dengan Lingkungannya dalam  Mencari Makanan
· Serangga
Bentuk mulut serangga bermacam-macam sesuai dengan jenis makanannya. Bentuk mulut serangga  ada Pengisap, penusuk, Pengunyah-Penjilat .
·         Burung
1)      Kaki Burung
Bentuk Kaki burung sesuai dengan lingkungan tempat hidupnya (habitat) dan makanannya .


Kaki elang memiliki empat jari. Setiap jari memiliki kuku yang sangat kuat. Bentuk kaki seperti ini sesuai untuk mencengkram mangsanya.. sealin itu, bentuk tersebut sesuai untuk bertengger di pohon. burung elang  termasuk kedalam burung pencengkram.
 
Kaki burung gelatik memiliki empat jari dan ukurannya kecil. Bentuk kaki ini memudahkan gelatik untuk bertengger pada batang padi. Burung gelatik digolongkan kedalam burungpetengger.
Kaki bangau memiliki kaki yang panjang. Jari-jarinya memilki sedikit selaput. Bentuk seperti ini memudahkan bangau untuk berjalan di atas lumpur ketika mencari makanan.
Bebek memilki kaki yang berselaput. Bentuk kaki seperti ini memudahkanya untuk berjalan diatas tanah berlumpur. Selain itu, kaki berselaput berfungsi untuk berenang. Bebek termasuk kedalam burung perenang.
1)      Paruh Burung
Bentuk paruh  yang burung sesuai dengan jenis makanannya.

a.       a. burung elang memiliki paruh yang besar dan runcing untuk merobek mangsanya. Bentuk paruh tersebut  sesuai untuk burung  pemakan daging. 
a.       b. Burung pipit memiliki paruh yang pendek dan kuat. Bentuk paruh tersebut sesuai untuk memecah biji-bijian.
b.    c.  Burung bangau memilki paruh panjang dan besar. Memudahkannya untuk mencari ikan di rawa-rawa atau daerah lumpur. 

c.       d. Bebek memiliki paruh  berbentuk pipih dan lebar, dan biasanya mencari makanan berupa cacing di dalam lumpur. Bebek biasanya mencari makanan berupa cacing di dalam lumpur.
a.       Adaptasi Hewan untuk Melindungi Diri
Untuk mempertahankan hidupnya, hewan perlu beradaptasi untuk melindungi diri dari bahaya yang mengancamnya.
Misalnya : Kalajengking
Kalajengking memiliki alat penyengat. Mengeluarkan racun atau bisa untuk melindungi diri dari musuhnya. Jika diganggu, ekornya langsung melengkung ke atas dan menyengat musuhnya . 
  •  Beberapa contoh hewan lainnya yang melindungi diri dari musuhnya adalah:
a)      Ular
Banyak ular yang memiliki bisa. Bisa digunakan untuk melindungi diri dari musuhnya. Yaitu berupa zat racun yang dapat mematikan . 

b)      Cumi-cumi
Cumi-cumi akan mengeluarkan tinta hitam apabila terancam bahaya untuk mengaburkan pandangan musuhnya.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar