Senin, 14 Januari 2013

Reliability Centered Maintenance


RCM adalah sebuah proses yang dilakukan untuk memastikan peralatan operasi melakukan fungsi yang diharapkan sesuai dengan operating contexs saat ini. RCM merupakan metoda study untuk menghasilkan improvement terhadap peralatan operasi yang ada. Proses improvement melalui RCM didefinisikan ulang dari awal yaitu identifikasi FUNGSI dari peralatan tersebut. Metoda utama adalah FMECA (Failure Mode Effect & Criticality Analysis) yang merupakan proses streamlined dari FMEA (Failure Mode Effect Analysis). Secara umum melalui RCM, kita diajak untuk mengenal peralatan operasi dan mengetahui dengan jelas apa saja kemungkinan peralatan tersebut bisa gagal, bagaimana efeknya dan bagaimana cara mengelola kegagalan tersebut.
RCM dapat membantu organisasi untuk mengetahui dengan lebih jelas praktik perawatan yang dibutuhkan secara cost effective. Kunci dari pelaksanaan RCM ini adalah konsistensi terhadap resources yang diperlukan ketika Study dan Implementasinya.
Teknikal Standard SAE JA1011 evaluasi criteria dalam proses RCM di kembangkan berdasarkan 7 pertanyaan yang harus dijawab secara berurutan untuk setiap peralatan operasi.
  1. Apa Fungsi dari peralatan tersebut dan bagaimana kondisi operasi yang diharapkan?
  2. Bagaimana fungsi tersebut dapat dikatakan gagal?
  3. Apa saja yang menyebabkan kegagalan tersebut?
  4. Apa efek dari kegagalan tersebut?
  5. Bagaimana kegagalan fungsi itu mempengaruhi system secara utuh?
  6. Usaha apa yang dapat dilakukan secara proactive untuk mengidentifikasi  kegagalan tersebut?
  7. Usaha apa yang dapat dilakukan untuk mencegah kegagalan tersebut?
Secara utuh, RCM mengutamakan Predictive (PdM) Maintenance.Teknologi pada PdM dapat membantu mengetahui indikasi di awal ketika kerusakan mulai timbul. Dengan mengetahui indikasi ini, team akan dapat memiliki waktu yang cukup untuk merencanakan dan melakukan tindakan perbaikan sebelum peralatan tersebut gagal. Perawatan ini disebut sebagai perawatan berbasis KONDISI.
Kegiatan RCM di Depot Samarinda
Dalam usaha untuk meningkatkan proses perawatan yang ada di Depot Samarinda, metode RCM dipakai untuk membantu mendefinisikan ulang praktik kegiatan yang tepat dan cost efektif.

3 komentar:

  1. "Hi there! What a great post. This is such a big help specially in a secific industry. With the use of Reliability Centered Maintenance will lead to increase in cost effectiveness, machine uptime and a greater understanding of the level of risk that the organization is managing.

    Making the best even better. Training, certifications, mentoring, coaching; on-site and off-site from shop floor to corner office. "

    BalasHapus
  2. Great post. I hope you can write more good stuff like this article.

    maintenance reliability training

    BalasHapus